Siap Melangkah, 225 Mahasiswa Baru Universitas Qomaruddin Ikuti PKKMB Tahun 2024

Qomaruddin Media

Qomaruddin Media

Siap Melangkah, 225 Mahasiswa Baru Universitas Qomaruddin Ikuti PKKMB Tahun 2024

Qomaruddin.com – Sebanyak 225 Mahasiswa Baru Universitas Qomaruddin Gresik mengikuti rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) yang diselenggarakan di Aula Universitas Qomaruddin, mulai tanggal 7 hingga 9 September 2024.

Kegiatan yang mengangkat tema “Mewujudkan Mahasiswa sebagai Pionir Indonesia yang Cerdas, Berkarya, dan Berkarakter Pesantren” ini dihadiri oleh Ketua Yayasan Pondok Pesantren Qomaruddin, Rektor dan Wakil Rektor, Dekan serta Ketua Program Studi di lingkungan Universitas Qomaruddin.

Pada awal kegiatan PKKMB, Rektor Universitas Qomaruddin, Prof. Aswadi mengucapkan selamat datang dan menyambut dengan bahagia para mahasiswa baru yang memilih Universitas Qomaruddin untuk memulai perjalanan studinya.

“Selamat datang mahasiswa baru di kampus Universitas Qomaruddin, salah satu kampus besar yang ada di kabupaten Gresik, yang ada di bawah naungan Pondok Pesantren Qomaruddin mempunya visi cerdas berkarya dan berkarakter pesantren.” Kata beliau.

Prof. Aswadi juga berharap para mahasiswa baru Universitas Qomaruddin dapat belajar dengan baik dan bersungguh-sungguh sehingga nantinya dapat berkontribusi dan bersaing di tengah masyarakat dengan membawa karakter pesantren.

“Cerdas Berkarya dan Berkarakter Pesantren. Cerdas mencakup cerdas Intelektual dan cerdas spiritual. Sedangkan Berkarakter Pesantren mencakup Kemandirian, Kolaborasi dan Kontribusi.” Imbuhnya.

Ketua Yayasan Pondok Pesantren Qomaruddin yang hadir dalam kegiatan tersebut juga menyampaikan selamat datang di lingkungan Pondok Pesantren Qomaruddin.

“Kalian semua adalah orang-orang yang terpilih, karena dari sekian ratus juta penduduk Indonesia tidak semua diberi karunia oleh Allah untuk masuk ke Universitas Qomaruddin. Jadi ini istimewa dan merupakan nikmat yang wajib kita syukuri,” kata Abdul Qodir dalam sambutannya.

Beliau juga menyampaikan tentang visi Pondok Pesantren Qomaruddin, yaitu menjadi pusat pendidikan untuk mencetak generasi yang ulul albab.

“Ulul albab itu mempunya dua komponen, yaitu olah zikir dan olah pikir,” katanya.

Di penghujung sambutan, beliau berharap semoga beberapa tahun ke depan Universitas Qomaruddin bisa membuka program doktor, agar lembaga pendidikan di Qomaruddin lebih komplit. Beliau juga berdoa semoga apa yang sudah dilakukan oleh Universitas Qomaruddin bisa bermanfaat untuk semua dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan dan menumbuhkan karakter pesantren yang baik.

Sementara itu, M. Nasyah, selaku ketua panitia melaporkan bahwa jumlah mahasiswa baru semester ganjil tahun akademik 2024/2025 sejumlah 225 mahasiswa. Ia mengaku senang dan berharap kegiatan ini dapat berjalan lancar dan sukses dari awal hingga selesai.

“Alhamdulillah kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru Universitas Qomaruddin dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” tuturnya.

Sebagai Informasi, selama mengikuti PKKMB ini mahasiswa baru akan menerima berbagai materi yang berkaitan dengan wawasan kebangsaan, sistem administrasi akademik, keuangan dan sistem kerja sama Universitas Qomaruddin. Mahasiswa baru juga akan dikenalkan tentang budaya akademik dan kemahasiswaan yang ada dan berkembang di Universitas Qomaruddin.

Penulis: Alek Salim / Editor: Qom.

Artikel Terkait

Leave a Comment